Search for collections on UJB Repository

KAJIAN USAHA BARU ASPEK PEMASARAN, PRODUKSI, KEUANGAN, DAN MAKRO EKONOMI (STUDI DAN SURVEY PADA PDAM TIRTAMARTA YOGYAKARTA)

Ferri, Kuswantoro and Titop, Dwiwinarno and Hasthoro, Handoko A and Erni, Umi Hasanah and Nurwiyanta, Nurwiyanta and Robid, Lokananta and Mardianto, Dan Toni and Burhanudin, Burhanudin (2023) KAJIAN USAHA BARU ASPEK PEMASARAN, PRODUKSI, KEUANGAN, DAN MAKRO EKONOMI (STUDI DAN SURVEY PADA PDAM TIRTAMARTA YOGYAKARTA). Jurnal Media Riset Ekonomi (MR.EKO) (3). ISSN 2962-6811

[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal Media Riset Vil 2 Nomor 3 Juli 2023_KAJIAN USAHA BARU ASPEK PEMASARAN, PRODUKSI,.pdf

Download (587kB)

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan air mineral dalam kemasan (AMDK)
perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirtamarta Kodya Yogyakarta melakukan
terobosan usaha melalui pengembangan diversifikasi usaha baru AMDK dengan merk
“Ayo”. Pangsa pasar memiliki potensi tinggi akan AMDK “Ayo” selain masyarakat
umum juga instansi-instansi pemerintah di Yogyakarta dan sekitarnya. Tujuan
penelitian ini adalah mengkaji kelayakan usaha produksi AMDK merk “Ayo” dari
segi pemasaran, produksi, finansial, dan makro ekonomi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari aspek pemasaran, dengan anjuran pemerintah kota untuk
aparatur sipil negara (ASN) untuk mengkonsumsi AMDK “Ayo” serta potensi tinggi
konsumen Yogyakarta, di indikasikan layak. Aspek produksi layak dengan dukungan
sarana mesin produksi terkini dan sumber daya manusia memiliki kompetensi yang
sesuai sehingga operasional produksi mampu berdaya saing. Aspek finansial di
tunjukkan dengan pay back period lebih kecil dari target jangka waktu investasi, net
present value (NPV) yang di hasilkan positif, benefit cost ratio (BCR) lebih besar dari
1(satu), dan internal rate of return (IRR) kisaran 14% lebih besar dari discount factor
(DF) yang di gunakan yaitu 12% maka secara kajian finansial layak. Aspek makro
ekonomi adanya kebijakan pemerintah yang mendukung serta tingginya daya beli
masyarakat khususnya target pasar kemudian di dukung dengan sarana infrastruktur
transportasi dan komunikasi juga keamanan. Dengan demikian studi kelayakan usaha
AMDK merk “Ayo” PDAM Tirtamarta Yogyakarta keseluruhan di katakan layak
untuk di operasionalkan.

Item Type: Article
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Hasil Penelitian
Depositing User: Unnamed user with email administrator@janabadra.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:54
Last Modified: 07 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.janabadra.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item
View Item
123